INFORMASI :

 Selamat  Datang  di  Website Pemerintah Desa Jatimalang  Kec Klirong  Kab  Kebumen   | Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H/2024 M |Minal aidzin wal Faidzin mohon maaf lahir dan batin.

Lomba menyusun menu makanan sehat sehari hari

Lomba menyusun menu makanan sehat sehari hari

Berlangsung di Pendapa Balai Desa Jatimalang, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen Sabtu  11/3/2023. Dinas Kesehatan melalui UPTD Puskesmas Klirong berama PKK Desa Jatimalang menyelenggarakan lomba kreasi makanan dan cipta menu.

Kegiatan ini bertujuan antara lain untuk menganeka ragamkan pangan masyarakat untuk konsumsi sehari hari, meningkatkan asupan gizi keluarga utamanya balita dan ibu hamil, membudidayakan program gerakan masyarakat hidup sehat  untuk konsumsi sayur dan buah, bisa menjadi pilihan menu untuk pemberian makanan tambahan pada balita kurang gizi dengan bahan makan lokal, bisa menjadi alternative tambahan pendapatan keluarga. Ibu-ibu PKK sangat antusias mengikuti lomba, dibuktikan dengan pengolahan dan penyajian makanan yang beragam dan menarik. Lomba cipta menu yang diikuti oleh seluruh warga penerima bantuan ( PKH, BLT DESA, BPNT) untuk menyajikan makan sehat 5 sempurna untuk makanan pagi, siang dan malam dengan modal Rp. 30.000 ini turut mendorong adanya kreasi dan inovasi olahan pangan lokal, untuk konsumsi sehat seluruh anggota keluarga, melalui pangan yang Beragam, Bergizi seimbang dan Aman (B2SA). Adapun peserta adalah ibu-ibu dari masing masing pedukuhan yang mendapatkan bantuan baik BLT, PKH, maupun bansos lainnya. "Melalui kegiatan ini diharapkan ibu ibu mampu menghadirkan inovasi terbaru bagi olahan pangan sehat, yang nantinya dikonsumsi keluarga. Lomba cipta menu yang dilaksanakan ini bertujuan untuk menciptakan pangan lokal bergizi seimbang, aman dan menggugah selera untuk keluarga sehari-hari". demikian seperti disampaikan , Ketua TP PKK Desa Jatimalang. "Sebagai salah satu dari 10 program PKK, program ini menjadi prioritas utama karena dengan konsumsi pangan yang bermutu akan mendukung kesehatan keluarga. Maka akan memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berdaya saing". Pungkasnya. Lomba cipta menu juga menjadi ajang pembuktian, seberapa pandai peserta yang kesehariannya terbiasa dengan manfaat dari hasil kebun yang diolah bersama dengan bahan pangan lainnya, sehingga menghasilkan menu yang enak, bergizi dan menyehatkan keluarga. Dan harapannya akan menginspirasi keluarga yang lain untuk mengolah makanan disekitar sehingga kebutuhan gizi keluarga dapat terpenuhi dengan mudah. Nantinya lomba cipta menu dilaksanakan secara rutin, ada sisi edukasi untuk para ibu sebagai ujung tombak keluarga.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter